Perilaku Positif Perpanjang Hidup Pasien Jantung

Perilaku Positif Perpanjang Hidup Pasien Jantung
Ilustrasi. Getty Images

jpnn.com - Perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari memang memiliki banyak manfaat. Sebuah studi menyebut perilaku positif juga mampu memperpanjang hidup para pasien sakit jantung.

Riset di Denmark yang menyebut pasien yang sudah mengidap sakit jantung lebih dari lima tahun mempunyai peluang 42 persen lebih rendah untuk meninggal bila mampu berperilaku positif dalam kesehariannya.

Dari studi diketahui pasien sakit jantung yang mampu berperilaku positif, cenderung berolahraga dua kali lebih banyak. Para peneliti sendiri belum menentukan apakah perilaku positif yang membuat mereka termotivasi untuk menjalankan gaya hidup sehat dan berolahraga, atau kegiatan olahraga yang membuat pikiran mereka segar sehingga selalu berperilaku positif.

Profesor Cardiac Psychology di Tilburg University, Belanda, Susanne Pedersen mengatakan secara umum yang sangat berpotensi membuat seseorang mengalami serangan jantung adalah mood yang buruk dan depresi berkepanjangan.

Penelitian tersebut dilakukan di sebuah rumah sakit di Denmark dan melibatkan 600 pasien sakit jantung coroner. Pasien diminta menjawab pertanyaan tentang bagaimana mood mereka dan seberapa sering mereka berolahraga

Berdasarkan survei yang dijawab semasa hidup pasien, dari 80 pasien yang meninggal dunia, 30 orang mengaku selalu berpikir dan berperilaku positif. Sementara itu 50 orang lainnya mengaku sebaliknya.

Dr Suzanne Steinbaum, kardiologis di Lenox Hill Hospital di New York, menjelaskan pikiran dan perilaku positif dapat menurunkan hormon stres, sehingga membuat mood seseorang lebih baik. Inilah yang akhirnya akan menjadikan banyak hal dalam hidup yang bersangkutan menjadi lebih baik, misalnya dalam hal pola dan menu makanan, pola tidur, dan lainnya.

"Menurut saya, orang yang positif pasti akan berusaha memikirkan kesehatan dirinya, dan menolong dirinya sendiri," kata Steinbaum, seperti dilansir laman Livescience, Sabtu (12/10).

Perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari memang memiliki banyak manfaat. Sebuah studi menyebut perilaku positif juga mampu memperpanjang hidup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News