Suara Gemuruh Bikin Takut Warga Bandung

Suara Gemuruh Bikin Takut Warga Bandung
Suara gemuruh terdengar di sebagian wilayah Bandung. Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com, BANDUNG - Suara gemuruh yang terdengar di daerah Bandung, Jawa Barat, sempat membuat khawatir masyarakat.

Suara gemuruh tersebut terdengar pada Kamis (11/2) sekitar pukul 11.12 hingga 11.44 WIB di Kawasan Sukajadi, Kota Bandung.

Adapun suara itu terdengar seperti pesawat yang terbang rendah.

"Penyebab dari suara tersebut masih belum dapat dipastikan. Namun, kemungkinan adanya suara tersebut disebabkan oleh aktivitas manusia," kata Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu dalam keterangannya.

Namun, BMKG belum bisa memastikan aktivitas manusia seperti apa yang bisa menyebabkan timbulnya suara gemuruh yang terdengar di sebagian wilayah Kota Bandung itu.

Menurutnya, BMKG sendiri menelusuri adanya suara gemuruh itu dengan peralatan berupa Lightning Detector, Kemagnetan, jaringan Seismograf dan menganalisis cuaca di sekitar kemunculan suara tersebut.

Hasilnya, kata dia, jaringan seismograf BMKG Bandung mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB tidak merekam adanya aktivitas gempa bumi.

Selama durasi waktu tersebut pun, menurutnya, Lightning Detector tidak mencatat adanya aktivitas petir di kawasan suara gemuruh tersebut. Selain itu, cuaca di kawasan itu juga terpantau cukup cerah.

Suara gemuruh tersebut terdengar pada Kamis (11/2) sekitar pukul 11.12 WIB hingga 11.44 WIB di Kota Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News