Suara PSI Melonjak, Begini Hasil Klarifikasi KPU Bantaeng

Suara PSI Melonjak, Begini Hasil Klarifikasi KPU Bantaeng
Suasana rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 tingkat KPU provinsi di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2024). ANTARA/Darwin Fatir.

jpnn.com - BANTAENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan angkat bicara menanggapi melonjaknya suara hasil Pemilu 2024 untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam beberapa hari terakhir.

Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Bantaeng Ahmad Makmur, membenarkan bahwa ada perbedaan suara yang tertera pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU dengan data yang tercantum pada info Pemilu.

Pada Sirekap tercatat perolehan suara PSI mencapai 1.986 suara, sementara pada info Pemilu mencapai 3.862 suara.

Terhadap perbedaan tersebut KPU kemudian melakukan koreksi secara berjenjang.

"Faktanya, yang terjadi memang ada perolehan suara partai (PSI) sebanyak 1.986 suara itu pada data Sirekap, kemudian info Pemilu sejumlah 3.862 suara," ujar Ahmad Makmur di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3).

Dia mengatakan dugaan penggelembungan suara bermula di TPS 001 kelurahan Karangtuang, Bantaeng, yang datanya dari situs info pemilu, lalu diberitakan hingga ditindaklanjuti secara berjenjang.

"Contoh kasus dalam berita itu yang ditampilkan Kelurahan Karangtuang memperoleh 67 suara, tetapi faktanya itu nol. Sudah dilakukan koreksi secara berjenjang ke bawah, bahwa semua sudah detail disaksikan Bawaslu, saksi dan media," katanya.

Pihaknya pun sempat melakukan rekapitulasi di ruangan dan memang ada data sandingan yang diinfokan di situs Info Pemilu, sementara data yang disandingkan adalah data fomulir C Plano Hasil dari tingkat TPS. Kemudian berjenjang ke formulir D Hasil Kecamatan dan formulir D Hasil kabupaten.

Suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melonjak dalam beberapa hari terakhir, begini klarifikasi KPU Bantaeng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News