Sudah 1,6 Juta Liter Bom Air Dijatuhkan di Riau

Sudah 1,6 Juta Liter Bom Air Dijatuhkan di Riau
Sudah 1,6 Juta Liter Bom Air Dijatuhkan di Riau

jpnn.com - PEKANBARU - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau terus bekerja keras memadamkan beberapa titik api kebakaran hutan di sana. Salah satu caranya adalah menjatukan bom air di atas titik api tersebut. Tercatat sudah lebih 1,6 juta liter bom air (water bombing) dijatuhkan untuk memadamkan kebakaran hutan di Riau.

"Ada banyak pesawat yang dilibatkan untuk operasi `water bombing` ini," kata Kepala Bidang Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo kepada pers di Pekanbaru, Senin (16/3).

Menurut dia, pesawat Sikorsky sudah dua pekan terakhir melakukan penerbangan dengan 348 kali sorti. Pesawat itu, kata dia, memiliki kapasitas angkut 3.600 liter per sorti sehingga total air yang telah dijatuhkan untuk upaya pemadaman titik kebakaran mencapai 1,25 juta liter.

Operasi Pesawat Sikorsky menurut catatan penerbangan melakukan pengeboman air di sejumlah daerah seperti Bengkalis dan Kota Dumai.

Kemudian untuk data penerbangan Pesawat Bolcow, satgas mencatat telah melakukan 121 sorti (kapasitas 500 liter per sorti) sehingga total pengeboman telah mencapai 60.500 liter.

Upaya bom air dilakukan pesawat ini di sekitar Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir serta wilayah perbatasan dengan Palembang.

Sementara untuk Pesawat Kamov telah melakukan 219 kali sorti (kapasitas 500 per sorti) sehingga total angkutan air mencapai 116.500 liter selama operasi.

Rute `water bombing` dilakukan pesawat ini juga di sekitar Kuantan Singingi, Dumai dan perbatasan dekat Sumatera Selatan.

PEKANBARU - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau terus bekerja keras memadamkan beberapa titik api kebakaran hutan di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News