Sudah 5 Tahun Keluarga Ini Tinggal di Kandang Ayam

Sewa Milik Tetangga, per Bulan Bayar Rp 50 Ribu

Sudah 5 Tahun Keluarga Ini Tinggal di Kandang Ayam
Dartam bersama salah satu anaknya di rumahnya yang sebenarnya kandang ayam. Foto: Radar Tegal/JPG

jpnn.com - BREBES - Dartam Syah (53) dan keluarganya ini merupakan potret pilu di Indonesia. Warga Brebes, Jawa Tengah itu terpaksa tinggal di kandang ayam bersama tiga anaknya.

Warga Dukuh Kalenpandan RT 4/RW 14 di Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes itu sudah lima tahun menempati gubuk reot yang sebenarnya berfungsi sebagai kandang ayam. Setiap harinya, dia bersama ketiga anak-anaknya harus berbagai tempat dengan ayam-ayam milik tetangganya.

Tinggal di kandang ayam pun tidak gratis. “Per bulannya saya harus membayar sewa Rp 50 ribu,” ujarnya seperti diberitakan Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Ia memang tak bisa berbuat banyak. Kehidupannya memang seperti itu.

Dartam sampai sering menangis meratapi nasibnya. “Sebetulnya sih kasihan anak-anak tidak nyaman. Saya kadang nangis kalau mikir ingin punya rumah sendiri,” ujarnua.

Dartam  menempati kandang ayam tetangganya itu sejak 2011 lalu. Itu terpaksa dilakukannya sejak istrinya, Murtiningsih, meninggal 11 tahun silam.

Di dalam kandang, terdapat ruangan yang dibuat sebagai ruang keluarga untuk beristirahat dan tidur. Tidak ada kasur. Yang ada hanya lantai bambu dengan alas seadanya.  Sementara beberapa ayam berkeliaran di dalam kandang itu.

Kondisi perekonomian Dartam memang sangat minim. Selain tak mempunyai penghasilan tetap, dia harus menghidupi dua anak laki-laki dan seorang perempuan yang masih bersekolah di SD dan SMP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News