Sudah Ada Bukti Keberpihakan Anies pada Disabilitas: Kuota Lapangan Kerja & Fasilitas

Sudah Ada Bukti Keberpihakan Anies pada Disabilitas: Kuota Lapangan Kerja & Fasilitas
Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan berpose dengan para penyandang disabilitas seusai menjadi pembicara ‘Diskusi Santai Disabilitas se-Jabodetabek’ di Islamic Center Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). Foto: Tim Media Anies Baswedan

jpnn.com, BEKASI - Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan berjanji jika kelak menjadi presiden akan memberikan kesempatan yang sama kepada para penyandang disabilitas, termasuk dalam hal mengakses lapangan kerja.

Menurut Anies, dirinya pernah menerapkan kebijakan itu saat memimpin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Semasa menjabat gubernur DKI Jakarta 2017-2022, Anies menerapkan kebijakan minimal 1 persen lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

Kebijakan itu tidak sebatas pada rekrutmen, tetapi juga penyediaan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas yang direkrut.

"Setiap rekrutmen di DKI Jakarta itu minimal satu persennya untuk disabilitas. Ketika mereka bekerja, juga mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhannya," ujar Anies saat menjadi pembicara ‘Diskusi Santai Disabilitas se-Jabodetabek’ di Islamic Center Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/12).

Anies menambahkan kebijakan khusus disabilitas itu juga berlaku untuk peraturan pelat nomor ganjil-genap (gage) di ruas jalan tertentu.

Misalnya, mobil bagi penyandang disabilitas diberi tanda khusus sehingga tidak terkena aturan yang dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas tersebut.

"Bagi penyandang disabilitas yang mobilnya (berpelat nomor) ganjil, kalau (tanggal) genap itu tidak bisa lewat. Karena itulah, kami siapkan tanda khusus bagi mobil-mobil penyandang disabilitas, sehingga mereka tidak terkena kebijakan ini," papar Anies.

Anies Baswedan berjanji jika kelak menjadi presiden akan memberikan kesempatan yang sama kepada para penyandang disabilitas, termasuk dalam hal lapangan kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News