Sudah Lima Tahun Pria Ini Mencuri Uang Kotak Amal Gereja Tanpa Ketahuan

Sudah Lima Tahun Pria Ini Mencuri Uang Kotak Amal Gereja Tanpa Ketahuan
Pencuri kotak amal gereja. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Unit Reskrim Polsek Wiyung berhasil membekuk Budi Iswanto (38), pencuri uang kotak amal gereja di Surabaya Barat. Aksi itu akhirnya ketahuan setelah kamera CCTV merekam Budi yang mencungkil sejumlah uang pada kotak amal tersebut.

Hanya bermodalkan senter, Budi begitu bebas mencungkil dengan cara menjungkirkan balikkan dahulu kotak amal tersebut.

Penangkapan terhadap Budi berawal dari aksinya yang diketahui security gereja tersebut. Semenjak diketahui itulah gerak-gerik pelaku terus dipantau.

Budii disergap saat berada di parkiran motor.  'Saat digeledah dia tak bisa mengelak sebab ada barang bukti uang tunai Rp 300 ribu yang pelaku bawa, serta rekaman CCTV yang merekam jelas aksi pelaku," kata Kapolsek Wiyung, Kompol M. Rasyad.

Budi mengaku pada polisi tak butuh waktu lama untuk mencuri uang dalam kotak amal. Dia hanya butuh waktu dua menit saja untuk mencungkil uang-uang itu.

Jumlah uang yang berhasil dia curi beragam. Namun, yang paling banyak berkisar Rp 1,5 juta, dalam sekali aksi.

Budi dengan mudah melakukan aksinya karena dia bekerja sebagai pelayan di gereja tersebut

. "Pelaku juga diketahui sudah menggandakan terlebih dahulu kunci pintu belakang, agar mempermudah aksinya tanpa dicurigai security setempat. Bahkan lebih mengagetkannya lagi, pelaku sudah melakukan aksinya itu setiap hari Senin sejak 2014," papar Kompol Rasyad.

Pelaku beraksi mencuri uang kotak amal gereja setiap hari Senin tiap minggu tanpa ketahuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News