Percepat Kekebalan Komunal, Indonesia Datangkan 5 Juta Dosis Vaksin

Percepat Kekebalan Komunal, Indonesia Datangkan 5 Juta Dosis Vaksin
Pemerintah kembali mendatangkan vaksin tahap ke-70 sebanyak 5 juta dosis menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada Senin (20/9). Ryiadhy/Infopublik/Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia terus mendatangkan vaksin demi mempercepat kekebalan komunal atau herd immunity.

Pada Senin (20/9) ini, pemerintah kembali mendatangkan vaksin tahap ke-70 sebanyak 5 juta dosis.

Kedatangan vaksin ini menambah ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia. Secara total vaksin di tanah air dalam bentuk bahan baku (bulk) dan siap pakai menjadi 262.350.400 dosis.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut pemerintah akan terus mendatangkan vaksin Covid-19 agar herd immunity bisa segera terwujud.

"Rencananya, pada Selasa 21 September, kita akan kembali menerima 5 juta dosis vaksin jadi merek yang sama (Sinovac, red)," kata Nadia dalam keterangan persnya.

Nadia menuturkan pemerintah memperoleh vaksin tahap ke-70 melalui pembelian langsung dan diangkut menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Ke depan, kata dia, vaksin yang diterima hari ini akan disalurkan ke berbagai lokasi di seluruh Indonesia agar segera digunakan.

“Ini sebagai upaya pemerintah agar tidak terjadi kekosongan stok vaksin,” tutur alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu.

Indonesia terus mendatangkan vaksin demi mempercepat kekebalan komunal atau herd immunity. Senin (20/9) ini, pemerintah kembali mendatangkan vaksin tahap ke-70 sebanyak 5 juta dosis.