Sudah Tak Punya Jabatan Lagi, Sutiyoso Kini jadi Pengangguran

Sudah Tak Punya Jabatan Lagi, Sutiyoso Kini jadi Pengangguran
Mantan Kepala BIN Sutiyoso. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Letjen (purn) Sutiyoso telah diberhentikan Presiden Joko Widodo dari jabatannya sebagai Kepala BIN. Posisinya digantikan Jenderal Budi Gunawan. Setelah ini, pria yang akrab disapa Bang Yos itu ternyata belum punya rencana khusus di kegiatan selanjutnya.

“Aku belum tahu. Mikir kemudian lah nanti,” kata Bang Yos lirih di hari terakhir dia mengikuti sidang kabinet paripurna dengan Presiden di Istana Negara, Jumat kemarin.

Sejauh ini Bang Yos mengaku belum mendapat tawaran jabatan lain dari Presiden. Dia mengatakan di hari-hari terakhirnya bekerja, tidak ada pembahasan khusus dengan Jokowi, sapaan Presiden.

“Komunikasi, kami kan di luar negeri di Laos sama China. Komunikasinya tentang Summit aja. Enggak menyinggung jabatan saya kemudian apa. Intinya itu keputusan terbaik lah,” imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Bang Yos juga enggan menyibukkan diri di dunia politik lagi. Dia memastikan akan tetap mendukung PKPI yang pernah dipimpinnya. Namun, tidak untuk memegang posisi di kepengurusan. Bang Yos juga tidak mempermasalahkan tidak adanya perwakilan PKPI di pemerintahan.

“Jabatan menteri dan setingkat menteri itu kan hak prerogatif beliau (Jokowi). Mau dipasang atau tidak, terserah lah. Tapi kita tetap support saja, tidak ada masalah,” pungkas pria kelahiran Semarang itu. (flo/jpnn)


JAKARTA—Letjen (purn) Sutiyoso telah diberhentikan Presiden Joko Widodo dari jabatannya sebagai Kepala BIN. Posisinya digantikan Jenderal Budi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News