Sudi Jawa

Oleh Dahlan Iskan

Sudi Jawa
Mantan menteri sekretaris negara Sudi Silalahi. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - GELARNYA tidak hanya Jenderal Batak dari Tanah Jawa. Juga tidak hanya pangkat terakhirnya yang letnan jenderal. Atau jabatannya yang sampai menteri sekretaris negara.

Sudi Silalahi juga kami kenal sebagai salah satu menteri yang paling rajin salat. Bahkan seperti dituturkan Dipo Alam: hanya Pak Sudi yang berani mengingatkan Presiden SBY. Yakni ketika sudah tiba waktunya salat Jumat.

"Hanya Pak Sudi yang berani. Saya tidak berani. Pak Hatta pun tidak berani," ujar Dipo Alam, mantan ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia yang kemudian menjabat sekretaris kabinet.

"Pak Hatta" yang dimaksud ialah Hatta Rajasa, menko perekonomian yang kemudian menjadi besan Pak SBY.

Sudi Silalahi meninggal Senin malam lalu (25/10/2021) di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Sudi dirawat di situ selama satu Minggu.

Awalnya menggembirakan. Membaik. Senin pagi sudah kelihatan sehat. Sudah bercanda dengan cucunya.

Baca Juga:

Senin malam Sudi memanggil anak laki-lakinya. Sang anak kaget. Demikian juga istrinya.

Di situ Sudi menyampaikan banyak pesan: agar rajin salat, berbuat baik, dan rukun. Dari nada pesannya, Sudi seperti mengisyaratkan akan meninggal dunia.

Sudi Silalahi kami kenal sebagai salah satu menteri yang paling rajin salat. Hanya Pak Sudi yang berani mengingatkan SBY ketika sudah tiba waktunya salat Jumat.