Sudirga: Pelaku Pariwisata Berharap Munas Kadin Tetap Digelar di Bali

Sudirga: Pelaku Pariwisata Berharap Munas Kadin Tetap Digelar di Bali
Direktur Lembaga Operator Manajemen Hotel Pramana Experience, I Nyoman Sudirga Yusa. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku pariwisata di Bali berharap pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tetap diselenggarakan di Bali.

Penyelenggaraan Munas Kadin itu diharapkan menjadi pendorong bangkitnya pariwisata dan ekonomi Bali.

Harapan ini salah satunya disampaikan Direktur Lembaga Operator Manajemen Hotel Pramana Experience, I Nyoman Sudirga Yusa menyusul berhembusnya kabar pemindahan Munas Kadin ke Kendari.

“Seharusnya sesuai visi beberapa lembaga di pusat untuk dapat menggairahkan pariwisata Bali dan membantu perekonomian dengan menyelenggarakan kegiatan di Bali,” kata Sudirga, Selasa (26/5).

Sudirga mengungkapkan jika memang benar kabar pemindahan Munas Kadin ke luar Bali, seharusnya ada pernyataan resmi dari pihak Kadin dan pemerintah. Apalagi pembatalan itu akan sangat merugikan bagi Bali.

“Kenapa hal ini dilakukan di tengah harapan semua pelaku pariwisata Bali untuk dapat memperpanjang napas di tengah krisis akibat Covid19? Kami harus mintakan tanggapan yang objektif tanpa adanya tekanan atau rekayasa lainnya. Karena hal ini sangat merugikan pandangan umum secara nasional bahkan internasional pada kondisi keamanan wilayah Bali,” ujar pria yang juga anggota Tim Verifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) Provinsi Bali itu.

Menurut Sudirga, Bali saat ini tengah mendapat pengakuan tentang tertibnya warga masyarakat menggunakan masker. Beberapa wilayah, bahkan sampai tingkat desa, terus melakukan proses vaksinasi.

Dia menyebut pelaku pariwisata bahkan sudah hampir separuhnya tervaksinasi dari total 100 ribu lebih pelaku pariwisata yang berhak mendapat vaksin.

Pelaku pariwisata di Bali berharap pelaksanaan Musyawaran Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tetap diselenggarakan di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News