Sudirman: Semangat Sumpah Pemuda jadi Pemersatu Mengatasi Pandemi Covid-19

Sudirman: Semangat Sumpah Pemuda jadi Pemersatu Mengatasi Pandemi Covid-19
Sudirman Said. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Institut Harkat Negeri Sudirman Said menilai semangat Sumpah Pemuda sangat relevan untuk mempersatukan anak bangsa menghadapi tantangan bangsa kekinian.

Nilai-nilai Sumpah Pemuda diharapkan membuat kalangan muda bersatu melampaui sekat-sekat sosial untuk bersama mengatasi pandemi Covid-19. 

"Ini sesuatu yang harus dibangkitkan dan dipersatukan bagaimana mengajak kaum muda yang kebanyakan memiliki latar belakang pendidikan lebih baik dibanding generasi sebelumnya," ucap Sudirman dalam keterangannya, Selasa (19/10).

Sumpah Pemuda 1928 menurut Sudirman, tidak bisa dipahami sebagai peristiwa terpisah melainkan satu rangkaian perjuangan bangsa ini membebaskan diri dari kolonialisme, penjajahan, penindasan dan keterbelakangan. 

Menurut Sudirman, semangat kaum terpelajar yang berusia muda untuk membebaskan rakyat dari penderitaan dengan mengabarkan persatuan layak menjadi cermin bagi perjuangan anak-anak muda dan kaum terpelajar di masa pandemi saat ini. "Paling tidak agar dapat bahu-membahu mengatasi kesulitan warga," ucapnya.

Sudirman berpesan agar kalangan muda bisa melampaui sekat-sekat politik, ras, suku, dan agama untuk menyatukan kekuatan mengatasi wabah Covid-19.

Pandemi harus dipandang sebagai persoalan kemanusiaan yang berdampak kepada semua termasuk kalangan muda. 

"Covid-19 adalah masalah kemanusiaan, siapa pun dia dari kelompok mana pun bila harus kena tak mampu mengelak," tegasnya.

Sudirman Said meyakini semangat sumpah pemuda bisa menjadi perekat dalam mengatasi pandemi Covid-19