Sukabumi Masuk Urutan Lima Besar Sebaran HIV/AIDS

Sukabumi Masuk Urutan Lima Besar Sebaran HIV/AIDS
HIV AIDS. Foto: Health

jpnn.com, SUKABUMI - Kota Sukabumi masih berada di urutan lima besar sebagi daerah dengan jumlah pengidap HIV/AIDS terbanyak di Jawa barat.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat mencatat hingga tahun ini jumlah penderita penyakit mematikan tersebut mencapai 1.197 orang.
Berdasarkan data grafik, tingginya tingkat penjangkitan virus HIV/AIDS di Kota Sukabumi ini sudah terlihat sejak 2000 silam.

Memasuki 2012, tren kenaikan jumlah penderita kian melonjak hingga akhirnya menempatkan Kota Sukabumi pada ranking ke tiga sebagai daerah dengan kasus HIV/AIDS tertinggi di Jawa Barat.

Kini secara berangsur, daerah berpenduduk kurang lebih 300 ribu jiwa tersebut menempati ranking ke lima.

“Data tersebut bukan hanya warga Kota Sukabumi saja, tapi banyak dari warga luar yang berkunjung ke Sukabumi untuk berobat, bahkan sebagian besar dari mereka baru mengetahui telah terjangkit pada saat menjalani pengobatan,” ungkap Ketua KPA Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Untuk menekan tingkat penyebaran virus berbahaya ini, KPA gencar melaksanakan penyuluhan dan sosialisi ke sekolah dan kampus secara prepentif.

Target dari kegiatan ini adalah remaja yang telah masuk usia 15 hingga 35 tahun. Di rentang usia tersebut sangat rentan tertular HIV/AIDS.

“Bukan cuma pelajar saja, tetapi kalangan ibu rumah tangga juga menjadi target dari kegiatan sosialisasi.

Penderita baru sadar setelah melakukan pengobatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News