Sukamta: Pantau Perkembangan WNI di Afghanistan, Bila Perlu Lakukan Evakuasi

Sukamta: Pantau Perkembangan WNI di Afghanistan, Bila Perlu Lakukan Evakuasi
Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR Sukamta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Sukamta meminta pemerintah memprioritaskan keselamatan para warga negara Indonesia (WNI) di Afghanistan menyusul langkah Taliban menguasai negara itu.

Menurut Sukamta, Taliban memang sudah berkomitmen tidak akan mengganggu warga negara asing (WNA). Namun, upaya antisipasi perlu dilakukan Pemerintah Republik Indonesia.

"Harus diwaspadai dan dipantau perkembangan WNI. Bila perlu dan memungkinkan segera dilakukan evakuasi," kata Sukamta layanan pesan, Kamis (19/8).

Dia menambahkan Pemerintah Indonesia juga perlu menunjukkan politik luar negeri bebas aktif menyusul pengambilalihan kepemimpin Afghanistan oleh Taliban.

Menurut Sukamta, setidaknya Indonesia perlu memastikan perang tidak berkelanjutan di negara berpopulasi 38 juta jiwa itu.

"Pemerintah Indonesia khususnya Kementrian Luar Negeri perlu untuk berperan aktif dalam rekonsiliasi damai di Afghanistan," ujar Sukamta.

Dia yakin Indonesia bisa berperan penting terhadap kedamaian di Afghanistan. Sebab, Indonesia memiliki hubungan baik dengan Afghanistan, termasuk Taliban.

"Peran-peran strategis Indonesia pada masa lalu menjadi modal saat ini untuk lebih berperan lebih aktif dalam upaya rekonsiliasi damai, membangunan kembali Afghanistan," ungkap Sukamta. (ast/jpnn)

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan bila perlu dan memungkinkan maka WNI di Afghanistan segera dievakuasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News