Sukarelawan Sahabat Sandi Bantu Akses Pemasaran Produk UMKM Gowa

Sukarelawan Sahabat Sandi Bantu Akses Pemasaran Produk UMKM Gowa
UMKM Sahabat Sandi melakukan pembinaan kepada pelaku usaha yang ada di Gowa. Dok: Sukarelawan Sandiaga.

jpnn.com, GOWA - Sukarelawan UMKM Sahabat Sandi Makassar bekerja sama dengan R2 Indonesia memberikan akses pemasaran kepada puluhan usaha mikro melalui pameran Gowa Local Market.

Pameran yang diadakan pada 22 September hingga 1 Oktober 2023 itu diikuti puluhan penggiat ekonomi kreatif binaan UMKM Sahabat Sandi.

Para peserta diberikan pelatihan hingga perizinan usaha. Adapun berbagai produk yang dijajakan mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan tangan.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Makassar, Ethy Wirdaningsih mengatakan sinergi tersebut diharapkan dapat membantu membawa produk UMKM lokal mendunia.

Dia menyebut berbagai macam produk usaha juga didampingi untuk mendapatkan perizinan secara gratis.

"UMKM Sahabat Sandi hadir di Gowa Local Market ini untuk memasarkan produk-produk usaha binaan kami dalam meningkatkan omzet, kemudian memperluas pasar mereka, dan juga mengadakan pelatihan pendampingan perizinan usaha secara gratis diberikan," kata Ethy dalam siaran persnya, Senin (25/9).

Puluhan UMKM binaan Sahabat Sandi mendapatkan omzet dua kali lipat selama tiga hari pameran berlangsung. Ethy juga menambahkan selain akses pasar juga diberikan pelatihan, yakni bucket bunga.

Dia menyebut Sandiaga Uno dikenal sebagai Bapak pemerhati UMKM dalam mendukung wirausahawan. Sehingga dorongan yang diberikan melalui program-programnya dapat membangkitkan pelaku ekraf menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi angka pengangguran bangsa.

Sukarelawan Sahabat Sandi Makassar berusaha membantu akses pemasaran produk UMKM asal Gowa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News