Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, Inilah Proses yang Harus Dilaluinya

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, Inilah Proses yang Harus Dilaluinya
Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna mengungkapkan Sukmawati Soekarnoputri telah menambatkan hatinya pada agama Hindu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BALI - Putri Presiden Pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri telah memutuskan untuk pindah agama dari Islam ke Hindu.

Keputusan Sukmawati Soekarnoputri pindah agama diungkap Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna alias AWK.

Menurut senator asa Bali itu, perempuan 70 tahun pemilik nama lengkap Diah Mutiara  Sukmawati tersebut kesengsem ajaran Hindu sejak lama.

AWK juga mengaku menjadi saksi sejarah sejak 20 tahun terakhir bagaimana Ibunda Aktor Paundrakarna itu sangat menyukai ajaran Hindu.

"Ini mungkin pengaruh dari ibunda Bung Karno yang juga nenek beliau, yaitu Nyoman Rai Srimben asal Buleleng," kata Arya Wedakarna dikutip dari bali.jpnn.com (JPNN Group), Minggu (24/10).

"Jadi, kita (publik, red) tahu bahwa ibunda Proklamator Bung Karno adalah seorang wanita Hindu, Bali," ucapnya.

Walakin, Sukmawati harus melalui ritual upacara Sudhi Wadani untuk menjadi penganut agama Hindu.

Prosesi Sudhi Wadani atau upacara perpindahan keyakinan dari Islam ke agama Hindu bakal digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Buleleng, Bali, Selasa mendatang (26/10).

Proses ini harus dilalui ketika Sukmawati Soekarnoputri pindah agama dari Islam ke Hindu yang puncaknya berlnagsung pada Selasa (26/10).