3 Kasus Penembakan oleh Oknum Polisi yang Bikin Heboh, Nomor 1 Mengerikan

3 Kasus Penembakan oleh Oknum Polisi yang Bikin Heboh, Nomor 1 Mengerikan
Salah satu adegan di titik lokasi keempat dalam rekonstruksi penembakan anggota FPI di Tol Jakarta-Cikampek oleh oknum polisi dari Polda Metro Jaya. Foto: ANTARA/Ali Khumaini

jpnn.com, JAKARTA - Kasus penembakan yang melibatkan oknum polisi saat bertugas kembali bikin heboh setelah pencopotan Kasat Reskrim Polres Luwu Utara AKP Amri.

AKP Amri yang dicopot dari jabatan usai mencuatnya kasus penembakan oleh polisi saat penangkapan terduga pelaku kejahatan berinisial IL (30).

Perwira Polri itu kini dimutasi sebagai Pama Yanma Polda Sulawesi Selatan (Sulsel). AKP Amri juga diperiksa oleh tim Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) atas insiden itu.

"Untuk kasat Reskrim ini sudah diambil tindakan dengan dicopot dari jabatannya sejak kemarin dan ditarik ke Polda," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan di Makassar, Jumat (22/10).

JPNN.com merangkum tiga aksi penembakan oleh oknum polisi saat bertugas yang menjadi sorotan publik, sebagai berikut:

1. Penembakan terhadap 6 Laskar FPI

Kasus yang dikenal dengan pembunuhan di luar proses peradilan atau unlawful killing ini dilakukan oleh tiga anggota Polda Metro Jaya terhadap empat laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50, Karawang, Jawa Barat, 7 Desember 2020.

Keenam laskar pengawal eks Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab yang tewas itu ialah Faiz Ahmad Sukur (22), Andi Oktiawan (33), Ahmad Sofyan alias Ambon (26), Muhammad Reza (20), Luthfi Hakim (25), dan Muhammad Suci Khadavi (21).

Belakangan, salah satu terlapor atas nama Ipda Elwira Priadi Z (EPZ) meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal yang terjadi 3 Januari 2021.

Berikut kasus penembakan oleh oknum polisi yang bikin heboh dan menyita perhatian publik, yang terbaru lagi ramai.