Sukses Kelola Energi Bersih, Semen Tonasa Raih Penghargaan CEM 2023 di India

Sukses Kelola Energi Bersih, Semen Tonasa Raih Penghargaan CEM 2023 di India
PT Semen Tonasa meraih Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM) di ajang the 2023 CEM’s Energy Management Leadership Awards. Foto dok Semen Tonasa

jpnn.com, JAKARTA - PT Semen Tonasa meraih Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM) di ajang the 2023 CEM’s Energy Management Leadership Awards.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Energi & Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, kepada Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin yang didampingi Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari di Goa, India, pada Jumat (21/7).

Anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ini secara konsisten menerapkan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001, yang selaras dengan sustainability road map SIG untuk memastikan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan mempertimbangkan isu Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

Dalam kurun waktu empat tahun sejak penerapan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001 pada 2019, PT Semen Tonasa terbukti berhasil mencatatkan penghematan biaya energi dengan total sebesar $16,1 juta atau ekivalen dengan penghematan energi 4,3 juta Gigajoule (GJ), serta pengurangan emisi CO2 sebesar 436 ribu metrik ton.

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa dalam manajemen energi yaitu dengan memanfaatkan biomassa yang bersumber dari limbah pertanian sebagai bahan bakar alternatif.

Tingkat substitusi termal (TSR) biomassa dalam kegiatan produksi PT Semen Tonasa tercatat meningkat secara signifikan dari 1,17% menjadi 8,13% dalam kurun waktu antara 2019 dan 2022 dengan total jumlah limbah pertanian yang dimanfaatkan sebesar 157 ribu ton.

Peningkatan penggunaan biomassa ini telah melalui proses penyesuaian pada raw mix design dan critical operating parameters (COP) untuk tetap mempertahankan kualitas produk.

CEM merupakan forum internasional tingkat tinggi yang menyatukan negara-negara terbesar dan terkemuka di dunia, organisasi internasional, dan perusahaan, untuk mencapai misi mempercepat transisi energi bersih melalui penerapan ISO 50001.

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa dalam manajemen energi yaitu dengan memanfaatkan biomassa yang bersumber dari limbah pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News