Sukses Patahkan Mitos Angka 13

Sukses Patahkan Mitos Angka 13
Sukses Patahkan Mitos Angka 13
Jika ingin bermain di Piala Dunia (PD), lebih baik tak memilih nomor punggung 13.  Kecuali anda bernama Mueller. Pesan itu bukan hanya gurauan belaka. Sejarahlah yang memunculkan kalimat tersebut.

   

Tercatat hanya empat pemain yang sukses mencetak sejarah sejak PD dihelat pada 1954 dengan angka yang dikenal dengan angka sial itu. Pertama, Portugal yang sukses menempati urutan ketiga PD karena peran pemain bernomor punggung 13nya, Eusebio.  Meski mengenakan nomor 13, pemain kelahiran Mozambique itu menyumbangkan 9 gol, empat di antaranya pada perempat final. Dia sekaligus menuai sepatu emas sebagai apresiasi pemain top skorer. Hingga saat ini Eusebio masih tercatat sebagai pemain terbaik Portugal.

   

Kemudian Jerman yang menang atas Hungaria pada final PD 1954.  Kedua tim membawa pemain bernomor 13, tapi bintangnya adalah pemain Jerman Max Morlock yang menjadi kunci kemenangan 3-2. Selanjutnya striker Italia Angelo Domenghini pada 1970. Meski Italia kalah dari Brazil 14, Domenghini berperan mengantarkan Gli Azzuri menjadi runner up. Empat tahun kemudian Gerd Mueller yang juga mengenakan kstum 13 menjadi penentu kemenangan Jerman Barat atas Belanda di laga final PD.

   

Nyatanya Thomas Mueller yang mengenakan kostum bernomor punggung 13 menjadi bintang di Timnas Jerman. Dia sukses menyumbangkan tiga gol dalam empat laga tim berjuluk Der Panzer itu. Satu gol disumbangkannya saat menumbangkan Australia. Dua gol lainnya memaksa Timnas Inggris angkat koper dari Afrika Selatan (Afsel).

   

Jika ingin bermain di Piala Dunia (PD), lebih baik tak memilih nomor punggung 13.  Kecuali anda bernama Mueller. Pesan itu bukan hanya gurauan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News