Sukses Redam Balon Udara di Wonosobo

Sukses Redam Balon Udara di Wonosobo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok humas Kemenhub

jpnn.com, WONOSOBO - Maraknya fenomena menerbangkan balon udara oleh masyarakat di Wonosobo, Jawa Tengah yang sangat membahayakan aktivitas penerbangan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah mengirim tim untuk sosialisasi sekaligus koordinasi dengan Pemda maupun Kepolisian.

"Sebelumnya saya berkoordinasi dengan Kapolri dan Mendagri, Gubernur Jawa Tengah dan Kapolda Jawa Tengah, saya menugaskan Kepala Otoritas Bandara untuk melakukan kunjungan ke Kapolres Wonosobo dan Kapolres Temanggung," ujar Budi di Jakarta kemarin.

Dari hasil koordinasi Kapolres Wonosobo AKBP Mohammad Ridwan menjelaskan, dalam waktu dua hari telah disita 10 balon udara, di mana dari jumlah tersebut sebagian telah dimusnahkan secara sukarela oleh masyarakat dan dipastikan sejak itu tidak ada lagi aktivitas menerbangkan balon
udara di wilayah Wonosobo dan sekitarnya.

Terkait hal tersebut Budi mengapresiasi Kepolisian, khususnya Kapolres Wonosobo dan Gubernur Jawa Tengah yang telah proaktif mendukung Kementerian Perhubungan. Pada kesempatan yang sama Budi juga berterimakasih atas kesadaran masyarakat Wonosobo akan bahaya balon udara.

Selain secara kontinyu melakukan sosialisasi, sesuai hasil pertemuan dengan Pemda Wonosobo kemarin (30/6) nanti akan dilaksanakan penandatanganan komitmen untuk tidak lagi menerbangkan balon yang diikuti oleh semua eleman masyarakat, tokoh masyarakat, Kepala Desa, komunitas, Ulama, dan seluruh unsur masyarakat.

"Nanti akan ada penandatanganan komitmen untuk tidak lagi menerbangkan balon udara sembarangan, diikuti oleh seluruh elemen terkait, rencananya pada pertengahan Juli ini," jelasnya.(chi/jpnn)


Maraknya fenomena menerbangkan balon udara oleh masyarakat di Wonosobo, Jawa Tengah yang sangat membahayakan aktivitas penerbangan, Menteri Perhubungan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News