DPR Minta Kemenhub Siaga Antisipasi Permasalahan Arus Balik

DPR Minta Kemenhub Siaga Antisipasi Permasalahan Arus Balik
Persiapan jelang arus mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Nurhasan Zaidi meminta Kementerian Perhubungan serta semua lembaga terkait agar tetap siaga mengawal serta memastikan arus balik lebaran berlangsung lancar tanpa kendala yang berarti.

“Kita inginkan semua berjalan lancar. Semua pihak terkait harus terus siaga dan sinergis. Prediksi arus balik yang dimulai hari ini (kemarin, red) hingga 3 hari kedepan, khususnya di jalur mudik Pantura, bertepatan dengann diizinkannya kembali truk melintas di jalur mudik. Ini bisa menjadi kendala serius dan harus segera dicarikan solusi dan alternatifnya,” ujar Nurhasan di Jakarta, Kamis (29/6) .

Menurut politikus PKS ini, hal yang perlu disikapi dari permasalahan tersebut adalah Manajemen Rekayasa kemacetan lalu lintas serta pembenahan infrastruktur yang memadai dan berorientasi pada zero accident. Selain itu pemerintah harus masif memberikan informasi kepada masyarakat luas terutama terkait kemungkinan penambahan volume kendaraan arus balik yang dikarenakan truk mulai beroperasi.

“Ini harus dilakukan segera agar masyarakat dapat mengantisipasi waktu dan bekal perjalanan,” tambahnya.

"Alhamdulillah atas karunia Allah, ikhtiar yang optimal dari seluruh pihak dan doa-doa seluruh masyarakat kejadian Brexit tahun ini tidak terulang kembali saat arus mudik kemarin. Walaupun kita cukup prihatin dengan beberapa kecelakaan dan terperosoknya mobil kedalam sungai di Tol Fungsional akibat infrastruktur dan konstruksi jalan yang tidak cukup memadai,” tandasnya.

Terkait ditutupnya sementara Tol Fungsional Grinsing-Brebes karena proses perbaikan dan rencananya akan dibuka kembali Kamis ini, Anggota Komisi V DPR ini memberikan apresiasinya kepada pemerintah.

Menurutnya, hal ini merupakan langkah yang cukup sigap dari pemerintah untuk antisipasi terkait keamanan, kenyamanan dan keselamatan untuk arus balik esok, mengingat Tol Fungsional ini dianggap cukup dapat membantu memecahkan kepadatan arus lalu lintas di Pantura, walau masih belum sempurna dan rawan kecelakaan.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat pengguna jalan agar dapat mematuhi rambu dan arahan yang disiapkan pemerintah serta dapat bekerja sama dan tidak memaksakan diri agar pelaksanaan arus balik dapat sukses dan lancar.

Anggota DPR RI Nurhasan Zaidi meminta Kementerian Perhubungan serta semua lembaga terkait agar tetap siaga mengawal serta memastikan arus balik lebaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News