Suksesi Korut Makin Dekat

Suksesi Korut Makin Dekat
Foto : REUTERS
TOKYO - Suksesi kepemimpinan Korea Utara semakin dekat. Hal itu ditandai dengan kunjungan putra termuda Kim Jong-il, Kim Jong-un yang sudah diberi tugas mengunjungi Tiongkok, secara diam-diam minggu lalu. Tiongkok adalah sekutu terdekat Korut di Asia.

   

Koran Asahi Jepang, mengutip sumber anonim melaporkan, Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Hu Jintao dan beberapa petinggi di Partai Komunis. Dia dikabarkan terbang ke Tiongkok sekitar tanggal 10 Juni.

   

Saat ini Tiongkok memang sedang menghadapi dilema dalam kasus nuklir Korut. Presiden Hu mempunyai tugas berat untuk membujuk Korut agar mau kembali duduk dalam meja perundingan enam negara tentang pelucutan senjata. Sementara Jong-un diyakini meminta bantuan bahan makanan dan suplai energi.

      

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan tidak mengetahui kabar tentang kunjungan tersebut. Sementara media resmi pemerintah Korut tak pernah memberitakan rencana suksesi Kim Jong-il kepada rakyatnya.

   

TOKYO - Suksesi kepemimpinan Korea Utara semakin dekat. Hal itu ditandai dengan kunjungan putra termuda Kim Jong-il, Kim Jong-un yang sudah diberi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News