Sultan HB X Dinilai Masih Feodal

Sultan HB X Dinilai Masih Feodal
Sultan HB X Dinilai Masih Feodal
JAKARTA - Pencalonan Sultan Hamengkubuwono X sebagai calon presiden ternyata tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari kalangan kraton Yogyakarta. Namun tak bulatnya dukungan yang diberikan oleh keluarga kesultanan terhadap Sultan HB X merupakan sebuah fenomena, sehingga selama ini Sultan selalu mencari dukungan di luar Yogyakarta.

''Pada saat yang sama, dimana-mana Sultan selalu menegaskan bahwa dirinya telah dapat dukungan dari keluarga kesultanan, namun pada kenyataannya dari keluarga pun dirinya tidak didukung penuh,'' ujar pengamat Politik dari Universitas Paramadhina, Bima Ariya Sugiarto, di Jakarta, Selasa (30/12).

''Ini sangat menarik, karena klaim Sultan dan timnya telah menggambarkan bahwa seolah dirinya telah mendapatkan dukungan penuh masyarakat Yogyakarta ternyata tidak benar karena anggota keluarganya pun tidak mendukungnya,” tegas Bima.

Menurut Bima, fenomena tidak didukungnya Sultan oleh keluarganya sendiri mungkin disebabkan karena track record Sultan sulit diukur. Sultan pun selama ini tidak pernah memberikan data-data yang kongkret mengenai keberhasilan dirinya selama memimpin Yogyakarta.

JAKARTA - Pencalonan Sultan Hamengkubuwono X sebagai calon presiden ternyata tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari kalangan kraton Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News