Sumatra Siapkan Gerakan Pro Kakao

Sumatra Siapkan Gerakan Pro Kakao
Sumatra Siapkan Gerakan Pro Kakao
JAKARTA - Ketua Umum dan Sekjen Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) masing-masing Halim Abdul Razak dan Zulhefi menegaskan tiga provinsi di Sumatera saat ini tengah disiapkan menjadi produsen kakao terbesar nasional.

Hal tersebut ditegaskan Halim Abdul Razak menjelang pelaksanaan Gerakan Nasional (Gernas) Pro Kakao yang akan dilaksanakan 2010. "Dari hasil survei di 10 provinsi di Sumatera, terdapat tiga provinsi yakni NAD, Sumut dan Sumbar yang ideal untuk penanaman kakao. Dari ketiga provinsi tersebut Askindo sangat berharap Sumbar mampu menjadi provinsi terbaik untuk produksi kakao nasional," ujar Halim, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/7).

Dia jelaskan, dari sisi kualitas tanah dan cuaca serta ketersediaan lahan, Sumbar relatif jauh lebih baik dan memadai dibanding dengan NAD dan Sumut. Dengan keunggulan alam yang dimiliki ini, sangat mungkin bagi Sumbar untuk menempatkan diri sebagai produsen kakao terbaik untuk tingkat nasional.

Selama ini, lanjut Halim, Askindo bekerjasama dengan pemerintah telah melakukan upaya pembudidayaan kakao terkosentrasi di kawasan timur Indonesia. Langkah berikutnya adalah mengembangkan kakao di kawasan barat Indonesia.

JAKARTA - Ketua Umum dan Sekjen Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) masing-masing Halim Abdul Razak dan Zulhefi menegaskan tiga provinsi di Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News