Sumsel Diklaim Aman Dari Gempa

Sumsel Diklaim Aman Dari Gempa
Sumsel Diklaim Aman Dari Gempa
SUDIRMAN-  Rahmat Triono ST MT, kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat mengatakan,  Sumsel Aman dari gempa. Warga di Sumsel, kata dia, hanya bisa merasakan dampak gempa yang terjadi di pantai barat Sumatera seperti sekitar Bengkulu dan Lampung. 

”Karena  dalam sejarahnya, saya belum pernah melihat ada kerusakan besar di Sumsel akibat gempa itu,”bebernya, di sela-sela sosialisasi BMKG kepada media massa di Hotel The Jayakarta.

Lebih lanjut dia mengatakan, karena memang di Sumsel juga tidak ada daerah tumbukan, apalagi tumbukan itu berada  jauh dari  Sumsel yakni  di pantai barat Sumatera. Sementara di darat, daerah tumbukan ini memanjang dari Lampung sampai Aceh melewati Lampung sekitar 70 km,  atau garis lurusnya sekitar 100 km.

Meskipun  aman , kata dia, jika gempa terjadi di darat cukup kuat  juga harus diwaspadai.  Untuk itu, diingatkan pada masyarakat agar  membuat bangunan yang cukup kuat sesuai standar,karena kalau gempa itu  kuat  sampai 7 skala richter di darat mungkin bangunannya juga akan rusak. “Walaupun gempanya tidak terlalu kuat tapi dampaknya cukup terasa,” ujarnya.

SUDIRMAN-  Rahmat Triono ST MT, kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat mengatakan, 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News