Sumut Butuh Serse Tangguh

Sumut Butuh Serse Tangguh
Sumut Butuh Serse Tangguh
JAKARTA - Kapolda Sumut Irjen Pol Nanan Sukarna harus bertindak cepat terkait tingginya angka kriminalitas di wilayah Sumut, terutama maraknya kasus perampokan. Direktur Eksekutif Indonesia Police Watch Neta Pane menyarankan Kapolda secepatnya mengevaluasi kinerja Direktur Reserse Kriminal Polda Sumut. Diperlukan seorang Dirserse yang tangguh lantaran sejak dahulu angka kriminal di Sumut tergolong tinggi.

"Dari dulu angka kejahatan di Sumut selalu masuk lima besar se-Indonesia. Kapolda Sumut harus sigap dengan segera mencari Direktur Serse Kriminal yang tangguh. Direktur Intelkam juga perlu dievaluasi," ungkap Neta Pane kepada JPNN  Selasa (7/10). Dia menanggapi kerapnya terjadi kasus perampokan di wilayah Sumut belakangan ini, yang bila dirata-rata dalam setiap 24 jam terjadi satu kasus perampokan.

Masa tugas Nanan Sukarna di Sumut yang baru sekitar dua bulan, tidak bisa dijadikan alasan untuk memaklumi banyaknya angka kejahatan. Sebagai seorang jenderal polisi yang sudah berpengalaman, mestinya Nanan langsung bisa memetakan wilayah kerjanya dan cepat berkoordinasi dengan bawahannya. "Dibandingkan dengan daerah lain yang selevel Sumut seperti di Jawa Timur dan Jakarta, Kapolda di dua daerah ini sudah mampu menekan angka kriminalitas. Ini menjadi tantangan Kapolda Sumut, jangan sampai peringkat angka kriminalitas di Sumut menggeser posisi Jakarta," kata Neta Pane.

Dia mengatakan, kalau para pelaku perampokan tidak bisa tertangkap, maka angka perampokan di kemudian hari akan semakin meningkat. "Perampok akan datang terus ke Sumut karena menganggap peluangnya cukup besar lantaran polisinya tidak tangguh," imbuhnya. (sam/JPNN)

JAKARTA - Kapolda Sumut Irjen Pol Nanan Sukarna harus bertindak cepat terkait tingginya angka kriminalitas di wilayah Sumut, terutama maraknya kasus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News