Sumut dan Riau Diguncang Gempa, Atap Rumah Bergetar, Warga Berhamburan

Sumut dan Riau Diguncang Gempa, Atap Rumah Bergetar, Warga Berhamburan
Grafik gempa. Foto: JPG

jpnn.com, PADANGSIDEMPUAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,5 SR, Jumat (14/7) pada pukul 08.25 WIB.

Pusat gempa berada sembilan kilometer barat daya Padang Sidempuan, atau 25 kilometer Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"Informasi dari BMKG gempa tidak berpotensi tsunami. Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar," ujar Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (14/7).

Menurut Sutopo, BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke sejumlah BPBD yang berada di Sumatera Utara dan Riau. Gempa dirasakan sekitar 20 detik di Padangsidempuan. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

"Atap rumah bergetar cukup keras. Perabotan rumah berbunyi dan bergoyang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," ucapnya.

Di Kabupaten Padang Lawas, gempa dirasakan sedang selama 20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Demikian juga di Padang Lawas Utara dan Tapanuli Selatan, masyarakat berhamburan karena rumah terasa bergoyang.

Gempa juga dirasakan hingga ke Riau. Di Kabupaten Rokan Hulu berlangsung sekitar sepuluh detik.

"Posko BNPB masih terus memantau dampak gempa. Petugas BPBD dan aparat setempat masih melakukan pemantauan dampak gempa di lapangan. Perkembangan dampak gempa akan disampaikan lebih lanjut," pungkas Sutopo. (gir/jpnn)


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,5 SR, Jumat (14/7) pada pukul 08.25 WIB.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News