Sumut Mengkhawatirkan, Ya Allah, Hanya Kepadamu Aku Berlindung

Sumut Mengkhawatirkan, Ya Allah, Hanya Kepadamu Aku Berlindung
Perawat di ruang isolasi khusus untuk pasien yang terinfeksi virus corona. Ilustrasi Foto: dok ANTARA FOTO/Jojon/aww

jpnn.com, MEDAN - Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, mengatakan, penyebaran wabah virus corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) sudah cukup mengkhawatirkan.

"Data sampai 21 April 2020, pasien Covid-19 di Sumatera Utara mencapai 106 orang dan 70 orang di antaranya berada di Medan," ujar Fadhilah, dalam sambutannya pada Tactical Floor Game (TFG) Dalam Rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II Toba Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, di Medan, Rabu (22/4).

"Hal tersebut tentunya cukup menghawatirkan. Namun kita tidak boleh panik menghadapi situasi yang demikian," ucap jenderal bintang dua itu.

Ia menyambut baik kegiatan ini, guna mengantisipasi segala kemungkinan terburuk sebagai dampak dari penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara.

Melalui kegiatan TFG ini, diharapkan masing-masing perorangan maupun instansi memahami tugas pokok dan fungsi sesuai bidangnya, sebagaimana maksud dan tujuan TFG, yaitu menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan.

"Kodam I/BB beserta satuan jajarannya telah melakukan langkah-langkah antisipasi di antaranya sosialisasi bahaya Covid-19 dan pencegahannya, baik melalui media massa maupun media sosial," jelasnya.

Fadhilah meyebutkan, selain itu penyemprotan disinfektan di lingkungan perkantoran, di pasar-pasar tradisional, dan fasiltas umum di wilayah, serta pemberian masker kepada masyarakat.

"Kemudian memperbanyak kegiatan olah raga, bersinergi dengan Kepolisian Indonesia mendirikan dapur lapangan dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat," kata dia.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengungkapkan, perkembangan penyebaran virus corona COVID-19 di SUmut sudah cukup mengkhawatirkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News