Sungai Citarum Masih Tercemar Limbah, Satgas Tebar Bakteri

Sungai Citarum Masih Tercemar Limbah, Satgas Tebar Bakteri
Satgas Citarum Harum Sektor 7 melakukan penebaran bakteri untuk meminimalisir agar air Sungai Citarum tidak berwarna hitam pekat akibat limbah yang dibuang langsung. Foto: Jabar Ekspres

jpnn.com, BANDUNG - Satgas Citarum Harum Sektor 7 melakukan penebaran bakteri untuk meminimalisir agar air Sungai Citarum tidak berwarna hitam pekat akibat limbah yang dibuang langsung.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Purwadi mengatakan, penebaran bakteri dilakukan agar Sungai Citarum tidak hitam pekat, serta membantu perkembangbiakan ikan.

Menurutnya, penebaran bakteri dilakukan di Sungai Citarum Desa Rancamanyar sampai Desa Sukamukti Kecamatan Katapang.

”Kami sudah menyiapkan 150 drum bakteri yang akan disebar sampai hari Jumat mendatang, penyebaran bakteri dilakukan di sepanjang Sungai Citarum yang berlokasi di dua Desa,” kata Purwadi ditemui di sela-sela penyebaran bakteri, Senin (16/9).

Menurutnya, secara teknis penyebaran dilakukan langsung ke sungai. Untuk mengindari derasnya air sebagian sungai dibendung. Dengan adanya penyebaran bakteri diharapkan bisa mengurai limbah yang ada sehingga akan mengurangi warna dan bau.

Purwadi menjelaskan, pada tahun 2018 lalu kegiatan serupa pernah dilakukan dengan berbarengan dengan momen dilaksankannya program mancing mania dalam rangka HUT TNI ke 74. Setelah ditebarkan bakteri, ikan yang ditanam kuat untuk bertahan hidup di sungai Citarum.

”Kami harapkan di Sektor 7 juga pengaruhnya sama. ikan bisa hidup, sehingga dengan bakteri di sebarkan di harapkan bisa berkembang biak di habitatnya dan bisa mengurai limbah yang ada di sungai Citarum,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah penebaran bakteri tersebut, semua elemen masyarakat bisa menjaga kondisi Sungai Citarum. Warga diimbau untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai. Selain itu, ia menegaskan pabrik agar tidak membuang limbah ke sungai Citarum. ”Setelah penebaran ini, harus sama-sama dijaga,” katanya.

Satgas Citarum Harum Sektor 7 melakukan penebaran bakteri untuk meminimalisir agar air Sungai Citarum tidak berwarna hitam pekat akibat limbah yang dibuang langsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News