Sungai Tercemar Kotoran Sapi, Ratusan Ikan Mati

Sungai Tercemar Kotoran Sapi, Ratusan Ikan Mati
Pencemaran sungai oleh kotoran sapi. Foto: Pojokpitu

jpnn.com, BLITAR - Sebuah video viral tentang pencemaran limbah di sungai di Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

 Dinas Lingkungan Hidup yang turun ke lapangan memastikan, jika pencemaran limbah tersebut adalah kotoran sapi di Peternakan Greend Field yang tidak muat dan meluber ke sungai.

Akibat pencemaran limbah tersebut, merusak ekosistem alam di sekitar sungai. Bahkan, beberapa ikan dan belut terlihat mati dan mengapung di sungai.

Rudi Rianto, warga, mengaku, sangat resah atas pencemaran sungai tersebut. Pasalnya, sungai genjong selama ini digunakan untuk mandi, mencuci pakaian dan juga memancing.

"Namun hingga saat ini, kondisi sungai masih sangat keruh serta berbau akibat pencemaran limbah dari peternakan sapi green field," kata Rudi.

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, sudah turun ke lapangan dan mengambil sampel limbah. DLH juga mendatangi lokasi peternakan.

"Hasilnya, kami memastikan jika pencemaran limbah dari peternakan green field tersebut, akibat penampungan limbah tidak muat dan meluber ke sungai," kata Moh Krisna Triatmanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabuapten Blitar.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar sudah melaporkan kejadian tersebut ke dinas Lingkungan Hidup provinsi, dan dalam waktu pihak peternakan sapi Green Field akan dipanggil ke provinsi Jawa Timur, untuk memaparkan progres pengolahan limbah. (yos/pojokpitu/jpnn)

ikan dan belut terlihat mati dan mengapung akibat pencemaran sungai oleh kotoran sapi.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News