Sungguh Menyakitkan bagi Raja Salman, Sambut Ramadan di Masa Pandemi

Sungguh Menyakitkan bagi Raja Salman, Sambut Ramadan di Masa Pandemi
Raja Salman bin Abdulziz al-Saud. Foto: AFP

jpnn.com, RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud mengucapkan selamat kepada umat Islam di negerinya dan seluruh dunia yang mulai memasuki Ramadan. Tokoh bergelar Khadimulharamain As-Syarifain itu menekankan perlunya bekerja keras untuk mengatasi masa sulit akibat pandemi virus corona.

Dalam sebuah pidato yang dibacakan pelaksana tugas Menteri Bidang Media Arab Saudi Majid Al-Qasabi, raja di Negeri Petrodolar itu menyampaikan kesedihannya karena Ramadan tahun ini tanpa Salat Tarawih dan qiamulail di masjid-masjid.

“Sejujurnya, sungguh menyakitkan bagi saya menyambut Ramadan bulan mulia dalam kondisi yang melarang kita melaksanakan salat berjemaah, bertarawih dan salat malam di rumah Allah,” ujarnya.

Raja Salman menegaskan hal itu disebabkan upaya pencegahan untuk menyelamatkan kehidupan manusia dari pandemi virus corona. Menurutnya, syariat Islam menempatkan perlindungan terhadap kehidupan manusia sebagai hal yang sangat signifikan.

Raja ketujuh di Arab Saudi itu menambahkan, Ramadan telah datang ketika kondisi sedang membawa dampak ekstrem pada seluruh kehidupan. “Kita sedang melalui fase sulit dan sensitif dari sejarah dunia karena pecahnya pandemi, meskipun sudah ada langkah-langkah yang dilakukan berbagai negara dan organisasi kemanusiaan untuk mencegahnya menyebar,” katanya.

Pemimpin Wangsa Al Saud itu juga mengatakan, Arab Saudi dianugerahi kehormatan dan martabat besar untuk melayani Masjidilharam dan Masjid Nabawi. Oleh karena itu, Arab Saudi akan berupaya melayani para tamu Allah, termasuk jemaah umrah dan haji dengan sebaik-baiknya.

Namun, pandemi memaksa Arab Saudi menutup Masjidilharam dan Masjid Nabawi bagi jemaah umum. “Kerajaan juga ikut berupaya mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi ini melalui tindakan lokal dan dukungan kepada organisasi internasional yang bergerak di bidang kemanusaiaan,” katanya.(sagazette/ara/jpnn)
Perusahaan Bus Bangkrut:

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud mengingatkan akan pentingnya bekerja keras untuk mengatasi masa sulit akibat pandemi virus corona meski di bulan Ramadan.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News