Super App terbaik di Asia Tenggara Versi IPSOS

Super App terbaik di Asia Tenggara Versi IPSOS
Super App terbaik di Asia Tenggara versi IPSOS. Foto dok IPSOS

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat Asia Tenggara lebih sering berbelanja online. Satu dari dua orang mengatakan mereka membayar lebih sering dengan dompet digital atau opsi non-tunai lainnya.

Selain itu, studi terbaru oleh Ipsos juga mengungkapkan bahwa 82% pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara memesan pengiriman makanan dan 43% menggunakan layanan kendaraan atau ride-hailing.

Dalam penelitian terbaru dan pertama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, Ipsos Indonesia mengadakan survei untuk mengetahui Super App terbaik di setiap negara tersebut, dengan melibatkan 3.500 responden.

“Kami merancang kriteria untuk menentukan apa itu Super App. Hal itu memungkinkan kami untuk membuat daftar kandidat Super App di setiap negara, yang kemudian kami bandingkan penilaian pengguna berdasarkan 4 indikator utama Super App, yaitu user experience, engagement, awareness, dan usefulness,” jelas Managing Director Ipsos in Indonesia Soeprapto Tan.

Sebuah Super App sering diartikan sebagai aplikasi yang menawarkan banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Pada survei ini, Ipsos menetapkan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan, dan lain-lain.

Aplikasi berbasis media sosial tidak disertakan dalam survei ini. Berdasarkan kriteria tersebut, berikut daftar Super App untuk setiap negara:

  • Indonesia : Shopee, Tokopedia, Lazada, JD ID, BliBli, Bukalapak, Grab, Gojek, & Traveloka
  • Malaysia : Shopee, Lazada, Grab, Touch n Go eWallet, & AirAsia
  • Singapura : Shopee, Lazada, Grab & Zig
  • Filipina : Shopee, Lazada, Grab & Gcash
  • Thailand : Shopee, Lazada, Grab, AirAsia & Lineman
  • Vietnam : Shopee, Lazada, Grab, Gojek, & Be 

Berdasarkan hasil survei pengguna, Super App diberikan peringkat berdasarkan indeks yang menggabungkan empat indikator utama, user experience, engagement, awareness, dan usefulness.

Ipsos Indonesia mengadakan survei untuk mengetahui Super App terbaik di setiap negara tersebut, dengan melibatkan 3.500 responden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News