Supermoon, Pesisir Jakarta Rentan Terendam Banjir Rob

Supermoon, Pesisir Jakarta Rentan Terendam Banjir Rob
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Warga yang tinggal di wilayah pesisir Jakarta diimbau untuk mewaspadai ancaman banjir rob saat fenomena alam supermoon melanda di Ibu kota.

"Kami imbau warga di pesisir agar waspada akan ancaman apapun yang mungkin terjadi sepanjang fenomena ini berlangsung," ujar anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus, Selasa (2/1).

Menurut Bestari, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena supermoon diprediksi terjadi antara 1-4 Januari dan 29 Januari-2 Februari 2018.

"Saya harap apa yang disampaikan BMKG menjadi perhatian khusus bagi warga dan jajaran SKPD terkait," ucapnya.

Hal senada diungkapkan anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta lainnya, Rikardo. Dia menuturkan, saat fenomena ini berlangsung, air pasang atau banjir rob berpotensi melanda wilayah pesisir Jakarta.

"Kita sudah dapat informasi supermoon dari awal. Saya kira untuk mengantisipasi ancaman, kami di komisi D akan memanggil SKPD terkait," tandasnya.

Perlu diketahui, supermoon adalah istilah populer untuk menyebut purnama yang bertepatan dengan bulan yang mencapai jarak tedekat bulan dengan bumi.

Orbit bulan yang mengelilingi bumi sendiri bukan berupa lingkaran, melainkan bentuk oval. Artinya, jarak bulan ke bumi bervariasi, kadang mencapai titik terdekat (perigee) dan kali lain berada di titik terjauh (apogee). (dil/jpnn)


Warga yang tinggal di wilayah pesisir Jakarta diimbau untuk mewaspadai ancaman banjir rob saat fenomena alam supermoon melanda di Ibu kota.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News