Suriah Makin Gawat, 12 Ribu WNI Dievakuasi

Suriah Makin Gawat, 12 Ribu WNI Dievakuasi
Suriah Makin Gawat, 12 Ribu WNI Dievakuasi
JAKARTA – Situasi keamanan di Suriah semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini membuat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) merubah strategi pengamanan puluhan ribu WNI di negara berpenduduk 19,4 juta jiwa itu.

Direktur Informasi dan Media Kemenlu P.L.E. Priatna mengatakan, tujuan utama perlindungan WNI di Suriah adalah memulangkan kembali mereka ke tanah air. ’’Gelombang pemulangan yang paling dekat adalah 600 orang,’’ katanya di Jakarta, Kamis (27/12).

Priatna menuturkan, skenario selama ini adalah para WNI yang akan dipulangkan di tampung dulu di markas perwakilan Indonesia di Damaskus, ibukota Suriah. Kemudian secara bertahap dipindahkan ke Beirut, Lebanan. Dari Beirut, para WNI dipulangkan ke Indonesia.

Hasil pantau dan laporan diplomat Indonesia di Suriah menyebutkan jika situasi keamanan terbaru di Suriah kian memburuk. ’’Kondisi ini akhirnya mendorong pemerintah pusat (Kemenlu, red) segera mengeluarkan seluruh WNI dari Suriah,’’ tandasnya. Diperkirakan saat ini ada sekitar 12 ribu WNI di Suriah.

JAKARTA – Situasi keamanan di Suriah semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini membuat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) merubah strategi pengamanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News