Surplus, PTPN XI Kirim Gula ke Luar Pulau

Surplus, PTPN XI Kirim Gula ke Luar Pulau
Surplus, PTPN XI Kirim Gula ke Luar Pulau
SURABAYA - Kondisi musim di Jawa Timur yang dianggap lebih baik daripada tahun lalu menjadikan pabrik gula (PG) optimis bisa menaikkan hasil produksinya. Bahkan surplus (kelebihan) PG akan di kirim ke provinsi lain. Seperti yang dilakukan oleh PTPN XI yang menyatakan siap memasok gula ke Bali dan NTB pada 2011.

Adig Suwandi, sekretaris perusahaan PTPN XI mengatakan bahwa Jawa Timur uang memiliki 31 PG menghasilkan rata-rata 1,1 juta hingga 1,2 juta ton gula kristal putih. Sementara berdasarkan pengalaman selama ini, kebutuhan di Jawa Timur berkisar   480 ribu ton hingga 550 ribu.

"Karena itu, sebagian gula akan dialokasikan untuk provinsi lain yang notabene bukan merupakan sentra produksi. Beberapa di antaranya adalah Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera Utara yang selama ini sudah menjadi langganan bagi produk PTPN XI," katanya kemarin.

Dari hasil survei di Bali dan NTB, lanjutnya, perusahaan agrobisnis perkebunan ini mendapati informasi bahwa masyarakat di daerah tersebut lebih menyukai konsumsi gula lokal. Hal tersebut di karenakan konsumen mendapati rasa gula lokal lebih manis dan memiliki aroma harum. Sehingga gula lokal tidak hanya cocok untuk konsumsi langsung (rumah tangga), namun juga bagi industri pengolahan pangan rumah tangga dan industri kecil.  Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa Bali memerlukan sekitar gula enam ribu ton gula per bulan (72 ribu ton per tahun) dan NTB 3.500 ton per bulan (42 ribu ton per tahun).

SURABAYA - Kondisi musim di Jawa Timur yang dianggap lebih baik daripada tahun lalu menjadikan pabrik gula (PG) optimis bisa menaikkan hasil produksinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News