Survei 204 Psikolog: Jokowi Punya Kendali Diri Lebih Baik, Prabowo Terbawah

Survei 204 Psikolog: Jokowi Punya Kendali Diri Lebih Baik, Prabowo Terbawah
Survei 204 Psikolog: Jokowi Punya Kendali Diri Lebih Baik, Prabowo Terbawah

jpnn.com - JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo dianggap memiliki kendali diri yang lebih baik ketika menghadapi segala persoalan yang berat. Selain itu, pasangannya, Jusuf Kalla, dianggap mempunyai kreativitas yang baik untuk menyelesaikan segala persoalan bangsa.

Itu merupakan salah satu dari hasil survei  Laboratorium Psikologi Politik Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, yang bekerjasama dengan Ikatan Psikologis Klinis Indonesia, Ikatan Psikologi Sosial Indonesia dan Fakultas Psikologi Universitas Padjajajaran terkait Aspek Kepribadian Calon Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Psikolog UI Hamdi Muluk, mengatakan,
Jokowi mempunyai ketenangan tinggi atau 7,67 persen saat menghadapi persoalan sangat berat. Disusul oleh JK 7,51 persen, Hatta 6,48 persen dan Prabowo 5,16 persen.

"Orang yang bagus tidak mudah menyalahkan orang ketika gagal. Joko Widodo memiliki kendali diri yang bagus," kata dia.

Sedangkan JK, dianggap mempunyai kemampuan yang tinggi dalam mengeluarkan ide-ide cemerlang sebagai solusi persoalan negara. JK berada pada posisi 7,91 persen, Jokowi 7,73  persen, Prabowo 6,66 persen dan Hatta 6,07 persen.

Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa JK berada pada posisi teratas dalam hal mampu melihat persoalan secara komprehensif dan menterjemahkannya menjadi kebijakan yang konkrit. JK berada pada posisi 7,98 persen, Jokowi 7,79 persen, Prabowo 6,43 persen dan Hatta 6,2 persen.

"JK dianggap lebih punya kemampuan di antara yang lain," katanya.

Tak cuma itu, kemampuan JK menyelesaikan persoalan pelik yang membutuhkan tingkat kejelian serta kreativitas tinggi. JK berada pada posisi 7,86 persen, Jokowi 7,61 persen, Prabowo 6,23 persen dan Hatta 5,99 persen.

JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo dianggap memiliki kendali diri yang lebih baik ketika menghadapi segala persoalan yang berat. Selain itu, pasangannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News