Survei ASI, Pasangan Ganjar-Mahfud Jadi Capres-Cawapres Pilihan Gen Z

Survei ASI, Pasangan Ganjar-Mahfud Jadi Capres-Cawapres Pilihan Gen Z
Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an saat merilis hasil survei terbaru di Jakarta Pusat, Rabu (3/1). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei terbaru yang dilakukan secara nasional terhadap Gen Z dalam rentang waktu 16-21 Desember 2023.

Salah satu hal yang disoroti dalam survei itu ialah elektabilitas pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an menyebutkan pasangan Ganjar-Mahfud menjadi paslon capres-cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi di kalangan Gen Z.

"Berikut ini urutan pilihan Gen Z, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 34,9 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 33,1 persen dan Anies Baswedan-A. Muhaimin Iskandar 26,1 persen. Sementara pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 5,9 persen," kata Ali Rif'an saat jumpa pers di Jakarta Pusat, Rabu (3/1).

Namun, sebanyak 54,7 persen pemilih anak muda Gen Z mengaku masih mungkin berubah (swing voters) pilihannya terhadap capres-cawapres 2024.

"Sementara yang mengatakan tidak akan berubah (strong voters) 33,3 persen dan yang undecided voters 12, persen," lanjutnya.

Ali juga menjelaskan sebanyak 63,3 persen pemilih anak muda Gen Z mengaku debat capres 2024 bisa mengubah pilihan politik, sementara yang mengatakan tidak bisa mengubah 28,7 persen dan yang tidak jawab 8,0 persen.

"Dan terkait faktor yang mempengaruhi dalam memilih capres-cawapres 2024, berikut ini adalah lima besarnya ialah gagasan dan program kerjanya 42,5 persen, kepedulian terhadap rakyat 27,5 persen, kecerdasannya 17,7 persen, agamanya 5,8 persen, dan partai pengusungnya 5,1 persen," pungkas Ali Rif'an.

Arus Survei Indonesia merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan pasangan Ganjar-Mahfud menjadi paslon capres-cawapres pilihan Gen Z

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News