Survei Capres: Prabowo Masih di Puncak, Anies dan Ganjar Tipis Banget

Survei Capres: Prabowo Masih di Puncak, Anies dan Ganjar Tipis Banget
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memutuskan menjual dua alutsista berupa kapal perang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih di kokoh di puncak menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, terpaut sekitar 3% dengan pesaing terdekatnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam hasil survei Political Weather Station (PWS), tingkat keterpilihan Prabowo sebesar 22,9% dan Anies 19,9%. Capaian itu disebut sebagai efek besarnya popularitas dan akseptabilitas keduanya.

"Kita lihat, ini mengindikasikan tokoh yang punya popularitas dan akseptabilitas signifikan cenderung punya elektabilitas tinggi," ucap Direktur Riset PWS, Mohammad Tidzi AM, saat memaparkan hasil surveinya secara daring, Jumat (4/2).

Popularitas Prabowo dalam survei ini mencapai 94,2% dan tingkat penerimaannya oleh publik 71,8%. Menteri Pertahanan (Menhan) itu pun berada di tingkat pertama untuk kategori popularitas ataupun akseptabilitas.

Sementara itu, level keterkenalan Anies di bawah Prabowo dengan 92,9%. Adapun akseptabilitas eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini 69,2% sehingga berada di peringkat ketiga.

Tidzi melanjutkan, figur-figur yang pernah mengikuti kontestasi pemilihan umum (pemilu), baik pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilihan kepala daerah (pilkada), cenderung memiliki popularitas dan akseptabilitas yang tinggi. "Dibandingkan yang belum pernah."

Adapun peringkat ketiga untuk tingkat elektabilitas tertinggi diduduki Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dengan 19,8%. Di bawahnya ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (8,7%).

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (7,5%); Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok (4,1%); Menteri BUMN, Erick Thohir (2,7%); Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (2,5%); Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko (2,4%); dan bekas Panglima TNI, Gatot Nurmantyo (1,5%).

Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih di kokoh di puncak menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News