Survei Charta: Elektabilitas Ganjar Tertinggi di Lampung dan Sumut, Kalahkan Anies

Survei Charta: Elektabilitas Ganjar Tertinggi di Lampung dan Sumut, Kalahkan Anies
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024.

Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memperoleh angka tertinggi di Lampung dan Sumatera Utara (Sumut), mengalahkan tokoh-tokoh lain.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto mengatakan Ganjar memperoleh angka elektabilitas 32,3 persen di Lampung. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Pada simulasi sepuluh nama, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat sebagai pilihan pertama dan kedua teratas," kata Yunarto dalam siaran persnya, Rabu (6/7). 

Kemudia di Sumut, Ganjar mendapat total dukungan hampir 24,6 persen. 

"Ganjar Pranowo, Anies, dan Prabowo mendapatkan elektabilitas tertinggi. Pada pertanyaan terkait kepala daerah, elektabilitas Bobby Nasution berada sedikit di atas Edy Rahmayadi sebagai kepala daerah Sumut,” imbuhnya. 

Yunarto menambahkan elektabilitas Prabowo unggul di Sumsel dengan angka 41,9 persen. Disusul Anies di posisi kedua dan Ganjar di urutan ketiga. 

"Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Prabowo Subianto jauh berada di atas nama-nama lainnya. Sementara pada urutan berikutnya diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," imbuhnya. 

Elektabilitas Ganjar Pranowo berhasil mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam survei yang digelar Charta Politika di Lampung dan Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News