Survei CiGMark: Popularitas RK Cukup Tinggi, Kalahkan Puan hingga Ganjar

Survei CiGMark: Popularitas RK Cukup Tinggi, Kalahkan Puan hingga Ganjar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami (RK)l. Foto: Firda Junita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei CiGMark menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam jajaran nama-nama yang potensial menjadi Capres dan Cawapres 2024.

Founder CiGMark Setia Darma mengatakan bahwa RK-sapaan Ridwan Kamil, masuk deretan kandidat pada Pilpres 2024 dengan popularitas cukup tinggi.

Dari 18 nama potensial yang mentas pada Pilpres 2024, RK berada di posisi keempat tokoh dengan popularitas tertinggi sebesar 80,1 persen.

Popularitas RK hanya kalah dari Prabowo Subianto (95,8 persen), Anies Baswedan (83,7 persen), dan Sandiaga Salahuddin Uno (83,2 persen).

Sementara itu, nama-nama besar lain berada di bawah RK, seperti Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain mengukur popularitas, CiGMark juga mengukur efektivitas kesukaan masyarakat yang mengetahui nama-nama tokoh yang akan maju pada Pilpres 2024.

Hasilnya, RK yang paling menonjol. Dengan tingkat efektivitas mencapai 84,1 persen. Nama Ganjar dan Sandiaga berada di posisi kedua dan ketiga dengan efektivitas 82,2 persen serta 76,6 persen.

Survei CiGMark juga mengukur nama yang masuk top of mind calon presiden dan hasilnya RK berada pada posisi keempat.

Nama-nama besar lain berada di bawah RK dari sisi popularitas, seperti Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News