Survei Charta: Elektabilitas Tertinggi Didominasi Kepala Daerah hingga Menteri

Survei Charta: Elektabilitas Tertinggi Didominasi Kepala Daerah hingga Menteri
Yunarto Wijaya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama-nama kepala daerah hingga menteri Kabinet Indonesia Maju mendominasi hasil survei mengukur elektabilitas calon presiden 2024 yang dilakukan Charta Politika Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno adalah dua di antaranya.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, responden diberi pertanyaan, jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Survei tersebut dilakukan dengan simulasi 5 nama yang akan menjadi calon presiden.

Survei menunjukkan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dengan presentase 23,3 persen, di urutan kedua ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 19,8 persen, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan ketiga dengan presentase 19,6 persen.

"Pada pertanyaan elektabilitas dengan pengerucutan lima nama, Ganjar Pranowo masih berada pada pilihan teratas, sementara Anies Baswedan mengungguli Prabwo," kata Yunarto.

Selain tiga nama tersebut, urutan elektabilitas calon presiden pilihan masyarakat lainnya yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Salahuddin Uno dengan presentase 8,4 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 8,2 persen.

Kegiatan survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel 1.200 responden dipilih secara acak dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat.

Baca Juga: Mbak Farida Setiap Hari Buka Warung Sayur, Ternyata Cuma Kedok Belaka

Nama-nama kepala daerah hingga menteri Kabinet Indonesia Maju mendominasi hasil survei mengukur elektabilitas calon presiden 2024 yang dilakukan Charta Politika Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News