Survei Charta: Pemilih yang Tak Puas Dengan Jokowi Cenderung Mendukung Prabowo

Survei Charta: Pemilih yang Tak Puas Dengan Jokowi Cenderung Mendukung Prabowo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Dok Humas Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru yang memperlihatkan mayoritas publik yang puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo cenderung memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

"Dari keseluruhan pemilih Jokowi-Ma'aruf, ternyata 61 persen memilih Ganjar Pranowo dan hanya 18 persen menyatakan hanya memilih Prabowo Subianto, serta 14 persen kepada Anies Baswedan," ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan hasil survei secara daring pada Senin (15/5).

Seperti diketahui, indeks kepuasan publik terhadap kinerja Joko Widodo - Ma'aruf Amin mencapai 79,1 persen. Tentu hal tersebut, menurut Yunarto jauh dari angka cukup.

Selain itu, Yunarto mengungkap, mayoritas pemilih Prabowo Subianto masih didominasi oleh pendukung yang antitesis terhadap Jokowi dalam Pemilu 2019 atau tidak puas dengan kinerja pemerintah saat ini.

"Pemilih Prabowo masih ditopang oleh basis pemilih 2019 yang cenderung anti terhadap pemerintahan Jokowi," kata Yunarto.

Dari hasil survei tersebut menjawab apa yang disampaikan Jokowi dalam musra yang digelar para pendukung mantan Gubernur DKI itu beberapa waktu lalu.

Dalam survei tersebut juga diungkapkan bahwa tidak ada kebingungan di antara pemilih Jokowi - Ma'aruf seperti apa yang disampaikan dalam acara sukarelawan tersebut.

"Ternyata tidak ada kebingungan seperti yang coba ditafsirkan dalam musra kemarin, mayoritas sukarelawan Jokowi mendukung Ganjar Pranowo," jelasnya.

Hasil survei terbaru dari Charta Politika menunjukkan para pemilih Pemilu 2019 yang kurang puas dengan Jokowi lebih mendukung Prabowo pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News