Survei Charta Politika: Ganjar Unggul di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Prabowo? 

Survei Charta Politika: Ganjar Unggul di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Prabowo? 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas responsden di Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Hal itu diketahui dari hasil simulasi pemilihan presiden (pilpres) yang digelar oleh lembaga survei Charta Politika Indonesia. 

Sementara, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat mayoritas dukungan dari responden di Sumatera, Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan elektabilitas Ganjar di Jawa Tengah dan Yogyakarta menempati posisi teratas dengan perolehan 66,5 persen suara. 

Sementara, di Jawa Timur, Ganjar juga masih memperoleh dukungan terbanyak dengan 27,9 persen suara.

"Di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, suara Ganjar juga masih unggul dengan perolehan 45 persen suara," kata Yunarto Wijaya dalam paparannya di Jakarta, Senin (25/4). 

Dengan demikian, suara Ganjar di tiga wilayah itu paling unggul dibandingkan tokoh-tokoh lainnya, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Erick Thohir, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Sandiaga S. Uno, dan Khofifah Indar Parawansa.

Di sisi lain,  Prabowo mendapat mayoritas dukungan dari responden di Sumatera, Jabar, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Hasil simulasi pemilihan presiden menyatakan Ganjar unggul di Jawa, Bali, Nusa Tenggara. Sementara, Prabowo Subianto unggul di beberapa provinsi ini. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News