Survei Charta: Puan Maharani Unggul dari AHY dan Airlangga di Lampung

Survei Charta: Puan Maharani Unggul dari AHY dan Airlangga di Lampung
Hasil survei Charta Politika di Provinsi Bandar Lampung mengenai elektabilitas tokoh-tokoh yang berpotensi jadi calon presiden pada 2024 nanti. Foto: dok Charta Politika

jpnn.com, JAKARTA - Beredar hasil survei yang dilakukan Charta Politika di Lampung, nama Puan Maharani mencuat dengan elektabilitas hingga 4.8 persen.

Menanggapi hal itu pengamat politik Adib Miftahul mengaku tidak kaget. Dia melihat Puan makin sering turun ke masyarakat belakangan ini, sehingga wajar elektabilitasnya meningkat.

"Kalau melihat hasil survei Charta Politika di Lampung, di mana Puan Maharani terpotret dengan elektabilitas 4,8 persen, itu capaian yang luar biasa," ujarnya saat dihubungi wartawan.

Berdasarkan hasil survei Charta Politika yang beredar di kalangan wartawan, Puan Maharani mengungguli Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang tingkat elektabilitasnya hanya 2,1 persen, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang jauh tertinggal karena hanya memperoleh elektabilitas 0,6 persen.

Meski demikian, lanjut Adib, Puan memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar untuk meningkatkan elektabilitasnya lagi karena jauh tertinggal dari perolehan Ganjar Pranowo yang mencapai 32 persen.

"Tapi kalau yang maju sebagai capres adalah para ketua umum partai, nama Puan Maharani makin diperhitungkan, karena berada diurutan kedua setelah Prabowo Subianto," imbuhnya.

Dalam survei yang dilakukan pada 20-27 September 2022 kepada 800 responden dengan metode wawancara tatap muka itu, Prabowo meraih elektabilitas 24,9 persen.

"Kalau yang maju pada Pilpres para ketua umum partai, Puan bisa terpilih sebagai Presiden, karena lawannya hanya Prabowo, AHY, Airlangga dan Zulkifli Hasan," pungkasnya.

Pengamat politik Adib Miftahul melihat kerja keras Puan Maharani mendekati rakyat membuat peningkatan elektabilitasnya jadi hal wajar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News