Survei CPCS: Ini 5 Partai Pilihan Generasi Milenial

Survei CPCS: Ini 5 Partai Pilihan Generasi Milenial
Survei CPCS menunjukkan bahwa ada lima partai politik yang mendapat suara signifikan dari generasi milenial. Foto: dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menemukan bahwa ada lima parpol yang mendapat suara signifikan dari generasi milenial. PDIP dan Gerindra mendominasi dengan elektabilitas masing-masing di kalangan milenial sebanyak 32,0 persen dan 15,9 persen.

“Yang menarik, pendatang baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menempatkan diri pada peringkat keempat dengan dukungan milenial 4,4 persen,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam press release di Jakarta, Senin (28/1).

BACA JUGA: Survei: Jokowi Presiden Generasi Milenial, Selisihnya Jauh

Posisi PSI berada di bawah Golkar (7,6 persen) dan di atas PKB (3,4 persen), lanjut Okta. Jika dibandingkan dengan elektabilitas pada seluruh kelompok umur, elektabilitas PSI hanya sebesar 2,2 persen.

PDIP dan Gerindra tetap mengungguli dengan elektabilitas 26,2 persen dan 15,2 persen. Posisi lima besar lainnya diduduki oleh Golkar (10,1 persen), PKB (6,9 persen), dan Demokrat (5,3 persen).

Menurut Okta, PSI sebagai parpol baru dengan tepat melakukan branding yang menarik bagi milenial. Berbeda dengan parpol lainnya yang identik dengan orang-orang tua, PSI mengganti istilah-istilah yang kurang disukai anak muda.

“Rakernas diganti dengan Kopdarnas, atau panggilan bro dan sis untuk sesama kader PSI. Jika parpol seperti Nasdem dan Perindo mempunyai media televisi, PSI sejak awal gencar menggunakan media sosial,” lanjut Okta.

Platform komunikasi saat ini bergeser dari teknologi media lama yang sifatnya satu arah menjadi interaktif. Meskipun televisi masih menjadi media yang paling banyak ditonton, penetrasi smartphone dan platform daring kini makin meluas.

Jumlah generasi milenial dalam daftar pemilih Pemilu 2019 cukup besar. Ini 5 parpol favorit mereka menurut survei CPCS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News