Survei Cyrus: Pilkada Jabar Duel RK Versus Demiz

Survei Cyrus: Pilkada Jabar Duel RK Versus Demiz
Pilkada. Ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Cyrus Network melakukan survei pascapendaftaran pasangan calon Pilkada Jawa Barat. Survei yang digelar 16-22 Januari 2018 itu berhasil memotret sejumlah temuan menarik.

Menurut Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto, dari empat calon yang mendaftar di KPU Jabar, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) bersaing sangat ketat untuk mendapatkan dukungan tertinggi.

Selisih dukungan elektoral kedua pasangan ini hanya terpaut sekitar 5 persen saja. Ridwan-Uu mendapatkan 45,9 persen suara voters dan Deddy-Dedi mendapatkan angka elektablitas 40,9 persen.

Sedangkan, pasangan Sudrajat-Akhmad Syaikhu dan TB Hasanudin-Anton Charliyan masing-masing baru mendapatkan dukungan sebesar 5 persen dan 2,5 persen.

Hasil temuan survei ini juga memperlihatkan bahwa Uu Ruzhanul Ulum tidak memberi nilai tambah elektoral yang signifikan terhadap Ridwan Kamil. Sebab dalam berbagai survei selama ini angka elektabilitas Ridwan Kamil sudah di atas 40 persen.

Sedangkan pasangan kejutan Deddy Mizwar dan Deddy Mulyadi ternyata saling memberi nilai tambah yang signifikan sehingga ketika berpasangan mereka mereka mampu mengejar elektabilitas Ridwan Kamil.

Dua pasangan lainnya yakni Sudrajat-Syaikhu dan TB Hasanudin-Anton memang masih mendapatkan perolehan yang sangat kecil.

Namun, jika mesin partai kedua pasangan ini yakni PKS-Gerindra dan PDIP sudah bergerak, diperkirakan pasangan ini bisa mencapai angka dua digit meski kecil kemungkinan bisa mengungguli kedua pasangan di atasnya.

Menurut Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto, dari empat calon yang mendaftar di KPU Jabar, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar bersaing ketat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News