Survei Elektabilitas Capres di Luar Jawa, Ganjar Mengungguli Anies & Prabowo

Survei Elektabilitas Capres di Luar Jawa, Ganjar Mengungguli Anies & Prabowo
Survei elektabilitas capres oleh Charta Politika Indonesia di luar Jawa, yakni Sumut dan Kaltim menempatkan Ganjar Pranowo teratas. Anies dan Prabowo sebegini. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei elektabilitas capres (calon presiden) yang dilakukan Charta Politika Indonesia di dua provinsi luar Jawa, Sumatera Utara dan Kalimantan Timur menempatkan Ganjar Pranowo di posisi teratas.

Tingkat keterpilihan gubernur Jawa Tengah itu mengungguli eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Gerindra cum Menhan RI Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut elektabilitas Ganjar unggul di Sumatera Utara (Sumut) dengan perolehan dukungan responden sebesar 26,8 persen.

"Pada simulasi sepuluh nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi," kata Yunarto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (22/10).

Yonarto menyebut Ganjar hanya unggul tipis dibanding Anies Baswedan (24,3 persen) dan Prabowo Subianto (22,9 persen).

"Nama-nama lainnya berada di bawah enam persen dan responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 8,6 persen," terangnya.

Sementara di Kalimantan Timur, pada simulasi sepuluh nama, elektabilitas Ganjar juga unggul dengan angka 26,6 persen.

Berikutnya di posisi kedua ditempati Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 25,3 persen.

Survei elektabilitas capres oleh Charta Politika Indonesia di luar Jawa, yakni Sumut dan Kaltim menempatkan Ganjar Pranowo teratas. Anies dan Prabowo sebegini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News