Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, PPP dan Perindo Berpotensi Lolos Parlemen

Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, PPP dan Perindo Berpotensi Lolos Parlemen
Ilustrasi elektabilitas PDIP menurut survei Poltracking. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan temuan teranyar Poltracking Indonesia, berjudul Kekuatan Politik Elektoral Menuju Pendaftaran Capres-Cawapres 2024.

PDIP memperoleh elektabilitas sebesar 24,4 persen atau jauh mengungguli angka keterpilihan terhadap Gerindra yang berada di posisi kedua.

"PDIP praktis masih memimpin, ya, di angka 24,4 persen," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi saat memaparkan temuan teranyar pihaknya, Sabtu (7/10).

Gerindra mendapatkan elektabilitas 16,7 persen, sedangkan Golkar yang berada di posisi kedua memperoleh 10,1 persen.

"Nah, ada Gerindra yang cukup kuat juga 16,7 persen, Golkar 10,1 persen," kata Arya.

Berturut-turut setelah Golkar, elektabilitas partai posisi keempat sampai kedelapan ditempati oleh PKB (9,3 persen), NasDem (9,1 persen), Demokrat (6,9 persen), Partai Keadilan Sejahtera atau PKS (5,3 persen), dan PAN (4,3 persen).

Sementara itu, lanjut Arya, posisi kesembilan dan kesepuluh ditempati oleh PPP dengan 3,3 persen dan Perindo sebesar 2,0 persen.

Dia mengatakan sepuluh partai itu yang berpotensi besar lolos ke parlemen menurut temuan survei teranyar Poltracking Indonesia.

PDIP menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi menurut temuan teranyar Poltracking Indonesia. Selanjutnya ditempati Gerindra dan Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News