Survei IGN: Pemilih Ahok-Djarot Masih Banyak yang Galau

Survei IGN: Pemilih Ahok-Djarot Masih Banyak yang Galau
Ahok-Djarot. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Para pemilih Ahok-Djarot paling besar yang belum mantap dengan pilihannya di Pilkada DKI Jakarta 2017, karena kasus hukum yang sedang dialami oleh Gubernur Petahana Ahok yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Para pemilih masih menunggu kelanjutan proses persidangan bahkan ada juga yang menunggu atau hasil persidangan," kata Direktur Institut Garuda Nusantara (IGN) Romadhon Jasn di Jakarta, Sabtu (11/2).

Romadhon menjelaskan hal tersebut pada saat merilis hasil survei IGN terkait Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dilakukan pascadebat publik kedua dan kampanye rapat umum ketiga pasangan calon (paslon).

Menurutnya ada tiga temuan penting dalam hasil survei yang dilakukan oleh IGN. Pertama, diantara ketiga paslon, pemilih Ahok-Djarot paling besar yang belum mantap dengan pilihannya karena kasus hukum yang dialaminya saat ini.

Kedua, banyaknya pemilih yang belum mantap dengan pilihannya, kemungkinan akan sangat dipengaruhi oleh performa paslon dalam debat publik yang sudah dilakukan, serta mempertimbangkan efektifitas kampanyenya.

Ketiga, dukungan tokoh sentral pendukung juga sangat berpengaruh. Misalnya Prabowo Subianto yang turun gunung all out telah menghasilkan pemilih yang paling mantap sehingga elektabilitas Anies-Sandi lebih memimpin dibanding paslon lain.

Sementara itu tokoh sentral pendukung lainnya terlihat kurang aktif bergerak dibandingkan dengan Megawati Soekarnoputri (pendukung Ahok-Djarot) maupun Susilo Bambang Yudhoyono (pendukung Agus-Sylvi)

Survei yang dilaksanakan pada 4-9 Februari 2017 menggunakan sebanyak 612 responden, dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 4% dan tingkat kepercayaan 95% itu dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan instrumen kuisioner.

 Para pemilih Ahok-Djarot paling besar yang belum mantap dengan pilihannya di Pilkada DKI Jakarta 2017, karena kasus hukum yang sedang dialami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News