Survei Indikator: Elektabilitas Kang Emil Tertinggi sebagai Cawapres 2024

Survei Indikator: Elektabilitas Kang Emil Tertinggi sebagai Cawapres 2024
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Temuan teranyar Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil menjadi tokoh pemilik elektabilitas tertinggi sebagai Cawapres 2024.

Kang Emil dalam survei Indikator, unggul di berbagai simulasi tokoh sebagai Cawapres 2024 dengan elektabilitas berada sekitar 20 persen. 

Survei Indikator mengungkap elektabilitas Ridwan Kamil alias RK mengungguli tingkat keterpilihan terhadap Sandiaga Salahuddin Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Erick Thohir. 

Misalnya, dalam simulasi 18 nama. Elektabilitas RK sebesar 20,3 persen atau mengungguli angka keterpilihan Sandiaga (14,2 persen), AHY (13,4 persen), dan Erick Thohir (12,9 persen).

”Ridwan Kamil peringkat pertama, tetapi selisihnya tidak terlalu jauh dibanding Sandiaga AHY, dan Mas Erick,” ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya pada Minggu (26/3). 

Kemudian keunggulan Kang Emil terlihat dalam simulasi sembilan nama di survei berjudul Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terakhir itu. 

Kang Emil memiliki elektabilitas sebesar 21,2 persen. Angka itu unggul dari milik Sandiaga Uno yang mendapat 16,4 persen, AHY dengan 14,5 persen, dan Erick Thohir dengan 14,5 persen.

Nama Kang Emil juga tercatat memiliki elektabilitas tertinggi dalam simulasi lima nama dengan 22 persen. Angka itu unggul dari tingkat keterpilihan Erick Thohir (17,6 persen), AHY (17,2 persen), dan Sandiaga (16,3 persen).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil ternyata punya elektabilitas tertinggi sebagai Cawapres 2024. Sebegini angkanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News